test

News

Minggu, 9 Mei 2021 18:51 WIB

Banyak Temuan Kasus Baru, Menkes Imbau Pengelola Pelabuhan Waspada

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta agar seluruh pelabuhan lebih waspada mencegah penyebaran mutasi virus Corona baru. Menurut dia, mutasi virus mematikan tersebut kini banyak muncul di dermaga.

"Karenanya, penting diketahui bahwa mutasi virus Corona baru banyak sekali yang kita identifikasi di dermaga seperti Banten dan salah satunya masuknya di dermaga Palembang," ungkap Budi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Minggu (9/5/2021).

Budi turut meminta kepada pihak pengelola dermaga agar terus mengawasi penumpang yang akan menuju Sumatera atau sebaliknya. Ia mengimbau agar pengelola melakukan tes kepada setiap calon penumpang yang akan diberangkatkan.

"Harus betul-betul menjaga orang yang akan nyebrang dari Banten ke Sumatera. Setidaknya yang masuk sini minimal dites," sambungnya.

"Supaya, kita bisa tahu dan jangan sampai pergerakan virus tersebut berimbas pada laju penularan. Termasuk dengan yang masuk dari Palembang, harus diwaspadai karena mutasinya banyak yang dari sana," imbuh Budi.

Budi juga menerangkan, penyekatan jalur mudik yang kini tengah diberlakukan merupakan satu bentuk upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Ia pun mengingatkan agar seluruh pihak di pelabuhan tetap waspada pada masa larangan mudik Lebaran ini.

"Tetap jangan sampai bosan untuk mengingatkan para penumpang agar tidak lupa menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker," tukasnya.

BERITA TERKAIT