News

Selasa, 27 April 2021 13:35 WIB

Kemenkes Identifikasi Mutasi Covid-19 yang Dibawa Pendatang India

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi (Foto: PMJ News/Instagram)

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus melakukan identifikasi terhadap mutasi virus Corona yang berpotensi dibawa pendatang dari India. Dalam hal ini, ditangani intensif Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

"Kami sedang melakukan whole genome sequencing (pengurutan keseluruhan genom) dari sejumlah warga negara India yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mungkin Jumat depan hasilnya," ungkap Juru Bicara Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Selasa (27/4/2021).

Menurut Nadia, pengurutan keseluruhan genom diteliti oleh Balitbangkes bekerja sama dengan 17 laboratorium di Indonesia. Kemenkes mengonfirmasi 12 dari total 127 warga negara India yang melakukan eksodus ke Indonesia dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Sejumlah pihak terkait tengah bersiap mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 dari sejumlah negara di antaranya B117 dari Inggris, B1351 dari Afrika Selatan, P1 dari Brazil, serta varian mutasi ganda B1617 di India yang diperkirakan lebih berbahaya dan cepat menular.

Kondisi ini, lanjut dia, memunculkan kekhawatiran akan terjadinya lonjakan kasus yang sangat tinggi secara global, sehingga mendorong pemerintah untuk lebih agresif mengantisipasi hal itu.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan gelombang kasus di India dipengaruhi mutasi virus dan pelonggaran penegakan protokol kesehatan.

Menkes mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih waspada dengan segera melakukan vaksinasi di sentra vaksinasi terdekat dan terus mematuhi protokol kesehatan.

BERITA TERKAIT