test

News

Senin, 26 April 2021 19:35 WIB

Menkes: Mutasi Virus Covid-19 Baru India Sudah Masuk Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: PMJ News/Instagram @kemenkes_ri).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyampaikan mutasi virus Corona baru seperti di India telah masuk ke Indonesia. Menurut dia, kini 10 orang telah terpapar mutasi virus tersebut.

"Mutasi virus baru meningkatkan kasus di India, virus itu juga sudah masuk ke Indonesia. Ada 10 orang sudah terkena virus tersebut," ujar Budi dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

Budi membeberkan provinsi yang telah ditemukan mutasi virus Corona baru tersebut. Setidaknya ada tiga provinsi antara lain Provinsi Sumatera, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan.

"Enam (kasus) di antaranya adalah impor, jadi masuk dari luar negeri. Empat di antaranya adalah transmisi lokal. Ini yang kita perlu jaga. 2 di Sumatera, 1 di Jawa Barat, 1 di Kalimantan Selatan," ucapnya.

Budi menjelaskan, pemerintah sudah menangguhkan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas. Pemerintah juga membuat kebijakan menolak masuknya orang asing yang memiliki riwayat perjalanan 14 hari terakhir ke India.

"Untuk WNI masih boleh masuk, tapi protokol kesehatan kita perketat sehingga mereka harus stay 14 hari untuk WNI yang 14 hari terakhir pernah mengunjungi India mereka tetap diizinkan masuk. Tapi mereka harus dikarantina 14 hari," tukasnya.

"Kita pastikan semua nanti yang pernah datang atau mengunjungi India akan dilakukan Genome Sinfansing. Agar kita bener lihat apakah terjadi mutasi baru atau tidak," imbuhnya.

BERITA TERKAIT