test

News

Selasa, 18 Mei 2021 14:40 WIB

Menkes: Pemda Tingkatkan Testing, Penularan Mutasi Baru Corona Sangat Cepat

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Dok Setpres).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin meminta pemerintah daerah tidak mengurangi jumlah testing atau pemeriksaan Covid-19 demi masuk ke zona hijau. Ia justru menyarankan agar testing ditingkatkan lebih agresif.

Apalagi, menurut Budi, saat ini beberapa mutasi baru dan varian Corona penyebab Covid-19 sudah masuk ke Indonesia. Ia menilai kecepatan penularan virus ini sangat cepat.

"Kalau virus yang sekarang dari 1 naik jadi 4, dari 4 naik jadi 16, yang baru tidak seperti itu, dari 1 naik jadi 50, dari 50 naik 2.500. Jadi kecepatan penularannya tinggi sekali," ungkap Budi dalam acara Launching Gebyar Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia, Selasa (18/5/2021).

Untuk mengantisipasi hal ini, Budi meminta Dinas Kesehatan yang ada di daerah meningkatkan jumlah testing (pemeriksaan) dan tracing (telusur) untuk Covid-19.

"Terutama anggota Forkopimda. Banyak Forkopimda karena mengejar hijau, kuning, merah, inginnya hijau testing-nya dibuat sedikit. Itu bisa meledak, bahaya, apalagi dengan adanya virus baru. Kita mesti lebih agresif testing," tuturnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Budi mengibaratkan pemeriksaan dan penelusuran seperti sebuah intelijen. "Kalau intel kita lemah, kelihatannya bagus. Tahu-tahu teroris masuk, bom-nya meledak," tukasnya.

BERITA TERKAIT