test

News

Selasa, 12 Januari 2021 14:25 WIB

Menkes: Kelompok Lansia Akan Divaksin Periode Maret-April

Editor: Etty Kadriwaty

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memastikan vaksinasi pertama akan dilaksanakan ada Rabu (13/1/2021) besok.

Kelompok yang akan divaksin adalah tenaga kesehatan yang berada di rentang usia 18-59 tahun. Vaksinasi periode pertama menggunakan vaksin Covid-19 Sinovac yang sudah mendapat izin penggunaan darurat atau emergency use authorization.

"Tahapan pertama diberikan 1,48 juta nakes di Indonesia, diharapkan bisa mulai besok atau minggu ini. Kemudian rolling mudah-mudahan akhir Februari bisa selesai," kata Menkes dalam rapat dengan Komisi IX DPR secara daring, Selasa (12/1/2021).

Kelompok selanjutnya adalah petugas publik, termasuk di dalamnya TNI/Polri, petugas pelabuhan, stasiun, bandara, terminal dan pekerja lain yang sehari-hari bersinggungan dengan masyarakat.

Untuk kelompok lanjut usia (lansia), Menkes mengatakan penyuntikan vaksin pada mereka di atas 60 tahun akan dilakukan sekitar Maret-April dengan vaksin Pfizer atau AstraZeneca, lalu dilanjut dengan masyarakat umum.

"Kita akan mulai dengan petugas publik dan lansia itu sekitar Maret-April. Kalau selesai diharapkan akhir April atau awal Mei kita bisa melakuan untuk seluruh masyarakat," ujarnya.

"Agak berbeda dengan negara lain karena ada yang sebagian besar menaruh lansia dulu karena lansia ini adalah orang-orang yang critical," jelasnya.

BERITA TERKAIT