test

Olahraga

Kamis, 26 Desember 2019 12:21 WIB

Kaleidoskop Olahraga: Berbagai Prestasi Ditorehkan Atlet yang Usianya Tak Lagi Muda

Editor: Ferro Maulana

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

PMJ – Seperti peribahasa “tua-tua keladi, makin tua makin menjadi” nampaknya pantas disandingkan terhadap sejumlah atlet dari berbagai cabang olahraga sepanjang tahun 2019.

Tak hanya masih aktif berkompetisi menghadapi para atlet lebih muda, namun juga atlet senior ini sanggup mengukir prestasi membanggakan.

PMJ News merangkum catatan atlet yang tetap berprestasi pada 2019 di tengah usia yang tak lagi muda. Siapa saja mereka?

Mohammad Ahsan (32) /Hendra Setiawan (35)

Dari dunia bulutangkis, prestasi gemilang diraih ganda putra nomor dua dunia Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Keduanya membuktikan bahwa usia bukan halangan untuk mencatat prestasi terbaik di tengah dominasi rekan senegara yang lebih muda, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan pasangan-pasangan yunior lainnya.

Ahsan/Hendra berhasil mendapatkan tiga trofi kejuaraan bergengsi: All England Open 2019, Kejuaraan Dunia 2019, dan BWF World Tour Finals 2019. Keduanya juga menjuarai New Zealand Open 2019, serta menjadi finalis pada tujuh kejuaraan lainnya.

Berbagai hasil prestasi Ahsan/Hendra menjadikan keduanya merupakan kandidat kuat untuk lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo mendatang.

Eko Yuli Irawan (30)

Berasal dari dunia angkat besi, nama Eko Yuli Irawan masih membuktikan dirinya layak menjadi tumpuan Indonesia dalam ajang internasional.

Ya, ajang SEA Games 2019 dapat menjadi bukti nyata. Berlaga di Aquino Stadium, Selasa (02/02/2019) untuk kelas 61 kg, peraih medali emas Asian Games 2018 ini sukses menggondol medali emas.

Di kancah angkat berat khususnya kelas 61/61kG, Eko Yuli memang tergolong luar biasa. Bahkan atlet berusia 30 tahun ini pernah menyabet medali emas Asian Games 2018 dan juga Kejuaraan Dunia angkat berat di tahun yang sama.

Hingga berita ini diturunkan, Eko Yuli memang masih menjadi andalan bagi Indonesia untuk mendulang medali. Maka, Eko Yuli pun kembali menjadi harapan cabang angkat besi Indonesia untuk Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Lewis Hamilton (34)

Berasal dari dunia balap Formula Satu (F1), Lewis Hamilton tetap menunjukkan tajinya di Formula 1 musim 2019. Pebalap asal Inggris Raya itu memenangi 11 dari 21 balapan.

Bahkan dirinya hanya empat kali gagal naik podium sepanjang musim. Hasilnya, Hamilton sudah memasukan diri menjadi juara dunia pada GP Amerika Serikat atau dua balapan sebelum musim berakhir.

Torehan 413 poin semakin menyegel kedigdayaan Hamilton, lantaran dia mampu menciptakan selisih hingga 87 poin dari Bottas di peringkat kedua.

Rafael Nadal (33)

Rafael Nadal mengukir catatan prestasi bagus di dunia tenis pria. Petenis asal Spanyol itu menjadi juara French Open 2019 dan US Open 2019, finalis Australian Open, serta melaju hingga semifinal Wimbledon 2019.

Melengkapi catatan tersebut, Nadal merebut gelar Italian Open 2019 dan Canadian Open 2019. Berbagai prestasi mentereng itu sukses membawa Nadal naik ke peringkat pertama petenis dunia.

Novak Djokovic (32)

Di usianya yang sudah mencapai 32 tahun, Novak Djokovic masih membuktikan kualitasnya sebagai petenis ternama dunia.

Ia merebut dua titel grand slam, yaitu Australian Open 2019 dan US Open 2019. Djokovic juga menembus semifinal French Open 2019, serta trofi Madrid Open 2019. (DBS/ FER)

BERITA TERKAIT