test

News

Kamis, 6 Mei 2021 18:45 WIB

Program Vaksinasi Bagi Pekerja Dimulai 17 Mei 2021

Editor: Hadi Ismanto

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama. (Foto:: PMJ News).

PMJ NEWS - Program vaksinasi mandiri atau gotong royong akan dilaksanakan mulai 17 Mei 2021. Vaksinasi yang diperuntukan bagi para pekerja ini sengaja diadakan setelah Lebaran agar tidak mengganggu aktivitas karyawan.

"Vaksin Gotong Royong dilaksanakan pada 17 Mei 2021," ujar Koordinator Komunikasi Publik Komite Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Arya Sinulingga dalam sebuah diskusi daring, Kamis (6/7/2021).

"Ini kan mau Lebaran ya, kalau minggu ini kan nanti ada yang sudah divaksin, lalu berapa ribu orang tertunda karena Lebaran. Jadi supaya Lebaran selesai, habis itu sudah lancar terus, jangan terpotong potong," sambungnya.

Diketahui, Vaksin Gotong Royong ini untuk mempercepat Indonesia mencapai herd immunity. Pengusaha secara sukarela mengeluarkan dana untuk memvaksin secara mandiri karyawan tanpa memungut biaya dari karyawan atau pemotongan gaji.

"Yang nangung adalah pengusaha, jadi buruh atau karyawan gratis. Kita bikin aturan nggak boleh ada pembebanan kepada karyawan. Jangan vaksinasi jadi komersial. Pengadanaannya dilakukan Biofarma, vaksinasinya bekerjasama dengan swasta," jelasnya.

Arya mengatakan, sektor usaha yang diutamakan dalam program vaksinasi ini adalah perusahaan padat karya dengan jumlah karyawan besar. Beberapa di antaranya adalah sektor manufaktur dan tekstil.

"Seperti yang dikatakan sebelumnya ada informasi, yang menerima ini adalah perusahaan padat karya. Proses pertamanya adalah untuk kawan-kawan manufaktur dan tekstil di vaksin dalam Vaksin Gotong-Royong ini," paparnya.

BERITA TERKAIT