test

Regional

Rabu, 5 Mei 2021 16:20 WIB

Kang Emil: Ada 158 Pos Penyekatan Mudik Lebaran di Perbatasan Jabar

Editor: Ferro Maulana

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Dok Net).

PMJ NEWS -  Terdapat 158 pos penyekatan mudik Lebaran telah disiapkan di perbatasan jalan tol dan arteri Jawa Barat.

Aparat gabungan bakal mencegah masuknya pelaku perjalanan lintas batas wilayah yang nekat mudik.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Kang Emil) menjelaskan penyekatan akan berlangsung pada tanggal 6-17 Mei 2021.

Menurut Kang Emil, petugas gabungan ini terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, dan perangkat daerah, telah menyiapkan skema penyekatan secara komprehensif.

“Penyekatan di Jabar itu terus dilakukan. Ada 158 titik penyekatan termasuk jalan-jalan tikus, dan juga sudah diatur sedemikian rupa oleh tim TNI/Polri,” tutur Kang Emil di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/5/2021).

Selain menjadi daerah tujuan mudik, Jabar menjadi titik pertama masuk warga DKI Jakarta maupun Banten menuju ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kang Emil pun meminta aparat gabungan bersiaga 24 jam untuk mencegah pemudik selama masa peniadaan mudik. Tujuannya, agar penyekatan berjalan optimal. Dirinya juga menyarankan untuk disusun jadwal sif.

“Karena ada perbincangan di media sosial, para pemudik curi-curi waktu saat penjaga tengah beristirahat. Jadi harus dibagi dalam tiga sif dalam 24 jam," jelasnya.

Dalam apel tersebut, Kang Emil pun memotivasi sekaligus meminta petugas untuk menjaga kesehatan fisik serta mental selama bertugas. Pendekatan tegas dan humanis, menurutnya, harus diutamakan oleh petugas di lapangan.

“Saya titip kepada para petugas agar menjadi teladan kepada diri sendiri, masyarakat dan keluarga tentunya. Lakukan juga pendekatan yang tegas tapi humanis dalam penindakan tapi harus selalu didahulukan pada edukasi,” tandasnya.

BERITA TERKAIT