test

News

Jumat, 30 April 2021 18:40 WIB

Kemenkes Minta Masyarakat Waspadai Penularan Covid-19 Secara Cepat

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi (Foto: PMJ News/Instagram)

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat waspada terjadinya super spreader atau penularan Covid-19 cepat dalam waktu singkat dari berbagai klaster. Mulai dari kegiatan buka bersama hingga salat Tarawih.

"Kita sudah mengetahui beberapa minggu ini munculnya berbagai klaster. (antara lain) klaster perkantoran, kelas buka bersama, klaster tarawih di Banyumas, klaster mudik di Pati, dan klaster takziah di Semarang," ungkap Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Jumat (30/4/2021).

"Dan tentunya ini sangat mengkhawatirkan kita karena kemungkinan terjadinya super spreader terjadi pada klaster ini," sambungnya.

Menurut Nadia, super spreader ini bisa terjadi dalam waktu yang singkat dikarenakan interaksi yang kemudian tidak dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat yang menyebabkan munculnya kasus yang positif di berbagai klaster ini.

“Terutama kita ketahui bahwa terdapat tiga faktor utama yang diduga terkait dengan adanya klaster ini. Yang pertama adalah tentunya kelalaian kita dalam melaksanakan protokol kesehatan, terutama saat melaksanakan ibadah tarawih berjamaah,” tuturnya.

Nadia mencontohkan yang terjadi Banyumas menyebabkan 51 orang positif Covid-19. Hal seperti ini, lanjut dia, harus menjadi perhatian masyarakat.

"Ini tadi kami sudah sampaikan bahwa ada klaster di Banyumas yang tentunya informasi ini kami dapatkan bahwa terdapat 51 orang yang positif Covid-19 setelah pelaksanaan shalat Tarawih,” ujarnya.

BERITA TERKAIT