test

Kesehatan

Jumat, 30 April 2021 10:05 WIB

5 Buah dan Sayuran Ini Cocok Dikonsumsi Saat Sahur

Editor: Hadi Ismanto

Buah dan sayuran baik bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Untuk menjaga tubuh tetap sehat selama berpuasa, seseorang harus memperhatikan kualitas asupan makanan dan minuman saat sahur. Salah satunya mengonsumsi buah dan sayuran.

Namun, buah yang dikonsumsi setidaknya harus memiliki kandungan kalori yang kaya nutrisi. Sehingga mampu menunda lapar. Buah-buahan dan sayuran juga tinggi kandungan air yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama pada tubuh.

Seperti dilansir dari Eating Well, Jumat (30/4/2021), berikut tujuh buah dan sayuran memberikan rasa kenyang lebih lama pada tubuh menurut ahli gizi.

1. Buah Pir
Temuan baru, buah pir bisa melindungi usus dari infeksi bakteri. Satu buah pir berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat makanan.

Ahli Gizi di Brooklyn, Maya Feller, RD, mengatakan dari 4 gram serat yang terkandung dalam pir, setengah diantaranya adalah serat kental. Serat kental merupakan bagian dari serat larut yang membentuk gel kental saat dicampur dengan air.

“Kandungan air yang tinggi dalam buah, berkaitan dengan serat kental yang memungkinkan mengisi perut lebih besar dan menghasilkan rasa kenyang yang lebih baik, kata Maya.

2. Apel
Apel merupakan sumber serat yang sangat baik, karena 80 persen kandungan apel berasal dari serat larut, disebut dengan pektin. Pektin adalah serat kental yang membentuk zat seperti gel saat dikonsumsi dalam tubuh kita.

Apel juga mengandung 85 persen air. Selain air, ketika mengonsumsi apel, mulut diberikan sensasi renyah. Hal ini memperlama proses makan dan membuat tubuh merasa lebih puas mengunyah.

3. Pisang
Pisang memiliki kandungan serat tinggi dam mudah dibawa kemana-mana. Satu buah pisang sedang, rata-rata mengandung sekitar 3 gram serat. Agar lebih mengenyangkan, pilihlah pisang yang mengandung banyak serat.

“Kuncinya adalah memilih pisang yang belum terlalu matang, pisang ini mengandung banyak pati resisten (serat,” kata Ahli Gizi di Arizona, Gillean Barkyoumb, RDN. Pati berfungsi sebagai prebiotik yang bermanfaat bagi usus.

4. Alpukat
Alpukat, sarat akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan mengandung serat dalam berjumlah besar. Setiap 7 gram alpukat, dapat menyumbang seperempat kebutuhan serat harian rata-rata. Sehingga alpukat menjadi salah satu pilihan buah paling mengenyangkan.

5. Wortel
Dalam satu porsi wortel atau sekitar setengah mangkuk, mengandung kira-kira 4 gram serat dan hanya 50 kalori. Wortel juga memberikan rasa manis tanpa kandungan gula yang tinggi. Selain itu, wortel juga memberikan sensasi renyah saat mengunyah.

Tekstur wortel yang renyah, ternyata mampu memperlambat lama makan dan memberikan rasa kenyang lebih. Hal ini jadi pilihan pengganti sehat, bagi Anda yang senang mengonsumsi camilan keripik kentang dan sejenisnya.

BERITA TERKAIT