test

Kesehatan

Kamis, 29 April 2021 10:05 WIB

Cegah Dehidrasi, Lima Minuman Ini Wajib Dihindari Saat Berpuasa

Editor: Hadi Ismanto

Meski menyegarkan, minum soda sebaiknya dihindari. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Demi menjaga tubuh tetap sehat dan terhidrasi selama berpuasa, memperhatikan kualitas asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka puasa sangat penting.

Alih-alih menjaga tubuh terhidrasi dan cukup cairan, yang ada malah membuat cairan tubuh cepat hilang dan ujungnya membuat tubuh lemas, susah konsentrasi dan tidak bisa beraktivitas dengan produktif.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/4/2021), berikut ini sejumlah minuman yang perlu dihindari ketika sahur dan buka puasa.

1. Minuman Manis
Minuman manis seperti jus buah dalam kemasan mengandung kadar gula yang tinggi tidak disarankan sebagai minuman untuk sahur. Kandungan gula yang tinggi dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula dalam darah, tapi cepat pula menurunkannya kembali.

2. Minuman Soda
Minuman yang mengandung soda tidak dianjurkan sebagai minuman untuk sahur. Apalagi jika mengonsumsinya buka puasa saat perut kosong. Kondisi ini dapat menimbulkan iritasi lambung, terutama bagi Anda yang memiliki sakit maag.

3. Minuman Dingin
Sebaiknya tidak mengonsumsi minuman dingin saat sahur dan buka puasa. Konsumsi minuman dingin dapat mengganggu tenggorokan, dalam keadaan perut kosong juga dapat membuat lambung berkontraksi dan menimbulkan sakit perut.

4. Kopi
Senada dengan teh, kandungan kafein tinggi pada kopi juga sebaiknya dihindari saat sahur dan buka puasa. Kopi juga bersifat diuretik sehingga menyebabkan sering buang air kecil. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh mudah kehilangan cairan.

3. Air jeruk
Minuman dengan rasa asam dan manis ini juga perlu dihindari saat sahur dan buka puasa. Air jeruk berisiko meningkatkan asam lambung sehingga membuat puasa jadi tidak nyaman, terlebih jika Anda memiliki riwayat sakit maag.

BERITA TERKAIT