test

News

Senin, 19 April 2021 18:35 WIB

Pengembangan Vaksin Nusantara Tak Dipindah ke RSPAD Gatot Subroto

Editor: Hadi Ismanto

RSPAD Gatot Subroto. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Direktur Pelayanan Kesehatan (Diryankes) RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI Nyoto Widyoastoro memastikan bahwa pengembangan Vaksin Nusantara tidak akan dipindahkan ke RSPAD. Pasalnya, sejumlah tahap dilakukan RSUP Pusat dr. Kariadi Semarang.

Nyoto menyebut pihak RSPAD Gatot Subroto belum lama ini hanya melakukan pengambil sampel sel dendritik yang menjadi bahan Vaksin Nusantara.

"Sebetulnya bukan dipindah atau tidak dipindah. Ini penelitian mengenai sel dendritik bahan utama untuk dalam penanganan Covid-19," jelas Nyoto di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/4/2021).

Menurut Nyoto, RSPAD memang tengah melakukan penelitian mengenai vaksin dendrintik untuk penanganan Covid-19. Penelitian tersebut juga tak dilakukan secara asal-asalan dan tetap mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

"Memang ini dicoba barangkali untuk membuat vaksin yang dari dendritik yang diharapkan untuk vaksin Covid-19. Tapi ini harus dengan penelitian yang baik, artinya dengan penelitian yang lugas, legal secara ilmiah diterima secara ilmiah," tuturnya.

Di kesempatan yang sama Wakil Kepala RSPAD Mayjen TNI Lukman Ma'ruf menuturkan bahwanya sel dendritik bukanlah hal yang baru. Menurutnya, sel tersebut telah digunakan dalam pengobatan penyakit kanker.

"Jadi penelitian sel dendritik itu untuk mengobati cancer. Kemudian ada dikembangkan untuk kemungkinan mencari solusi untuk menghadapi Covid-19," kata Lukman.

BERITA TERKAIT