test

News

Jumat, 12 Maret 2021 15:25 WIB

Jokowi: Pengembangan Vaksin Harus Ikuti Kaidah Scientific

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung seluruh pengembangan vaksin di Indonesia, termasuk Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara. Namun, Kepala Negara meminta agar pembuatan vaksin lokal harus mengikuti kaidah scientific.

"Vaksin yang tengah dikembangkan di tanah air adalah Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara, terus harus kita dukung," ujar Jokowi seperti dilihat dari tayangan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (12/3/2021).

"Tapi untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat dan bermutu, mereka juga harus mengikuti kaidah-kaidah scientific," sambungnya.

Untuk itu, Jokowi meminta uji klinis terhadap vaksin tersebut harus dilakukan sesuai prosedur. Pengujian ini juga harus dilakukan secara transparan dan melibatkan banyak ahli.

"Kaidah-kaidah keilmuan dan uji klinis harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku, terbuka, transparan, serta melibatkan banyak ahli," jelasnya.

Jokowi menilai tranparansi penting dilakukan untuk membuktikan proses pembuatan vaksin di Indonesia mengedepankan unsur kehati-hatian. Sehingga, nantinya Vaksin Merah Putih maupun Nusantara aman dan efektif digunakan.

"Persyaratan dan tahapan ini penting dilakukan untuk membuktikan bahwa proses pembuatan vaksin sangat mengedepankan unsur kehati-hatian dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Sehingga vaksin yang dihasilkan aman dan efektif penggunaannya," jelasnya.

Jokowi memastikan jika tahapan prosedur sudah dilakukan, proses produksi vaksin nantinya akan dipercepat. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri.

"Jika semua tahapan sudah dilalui, kita percepat produksi untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri akan vaksin," tukasnya.

BERITA TERKAIT