test

News

Senin, 19 April 2021 14:05 WIB

Korsleting Listrik, Kebakaran di Taman Sari Hanguskan Ratusan Rumah

Editor: Ferro Maulana

Kebakaran di Taman Sari menimbulkan duka mendalam bagi korban. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS -  Kebakaran hebat menghanguskan sedikitnya 112 rumah di Jalan Keadilan Dalam I, Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu (18/4/2021). Hari ini, Senin (19/4/2021) sejumlah warga terlihat mengais sisa harta mereka yang ikut ludes dilalap api.

Warga yang jadi korban kebakaran yaitu ibu Jum mengaku langsung menuju rumah ketika melihat kobaran api dan asap hitam. Saat itu dia masih di tempat kerjanya pada Minggu sore, pukul 15.30 WIB. Begitu sampai, dirinya mendapati api sudah membakar seluruh rumahnya.

"Saat lihat ada asap dari jauh, saya langsung pulang bantu nyiram air untuk memadamkan," ungkap Jum (korban kebakaran) di TKP, Senin (19/04/2021).

Namun sayang, sekarang tiada yang tersisa dari seluruh harta dan barang miliknya.

Rumah korban yang hangus terbakar. (Foto: Istimewa)
Rumah korban yang hangus terbakar. (Foto: Istimewa)

Terpisah, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Barat memperkirakan kebakaran di Jalan Keadilan Dalam I, Keagungan, Taman Sari, Jakarta Barat, menghanguskan 112 rumah warga.

"Informasi data perkiraan bangunan yang terbakar sebanyak 112 rumah tinggal di RW 01 dan RW 02 Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat," terang Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Eko Sumarno kepada wartawan, di Jakarta, hari ini Senin.

Keebakaran hebat di kawasan Taman Sari yang menghanguskan 112 rumah pada Minggu sore-malam. (Foto: Istimewa)
Keebakaran hebat di kawasan Taman Sari yang menghanguskan 112 rumah pada Minggu sore-malam. (Foto: Istimewa)

Eko menjelaskan, warga yang terdampak kebakaran tersebut mencapai 250 Kepala Keluarga (KK) di RT 001 dan 005 di RW 01 serta RT 004, 005, 006, 007, 008 di RW 02.

Hingga saat ini, menurut Eko, belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab pasti kebakaran juga masih dalam penyelidikan polisi. Namun dugaan awal penyebab kebakaran akibat arus pendek (korsleting) listrik di salah satu rumah warga.

Masih dari keterangan Eko, api sudah berhasil dipadamkan oleh 124 personel pemadam yang diterjunkan ke lokasi serta pengerahan 23 unit kendaraan pemadam kebakaran, pada Minggu malam.

Meski begitu, proses pemadaman sempat terkendala oleh akses jalan yang sempit menuju tempat kejadian (TKP).

"Petugas juga mengalami kendala dalam hal koordinasi pemutusan arus listrik di TKP dan warga yang kurang kondusif pada saat petugas melakukan operasi pola pemadaman," sampungnya.

Sementara itu, menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, kebakaran terjadi pada pukul 15.28 WIB.

Berdasarkan, pembaruan data yang disampaikan BPBD DKI Jakarta pada pukul 19.30 WIB, api sudah berhasil dikendalikan petugas di lokasi kebakaran dan petugas di lapangan telah melakukan proses pendinginan di lokasi kebakaran.

Adapun objek yang terbakar adalah rumah tinggal dengan jenis bangunan rendah. "Rumah tinggal, status proses pemadaman," demikian dilansir akun Twitter @BPBDJakarta, hari ini Senin. (Sumber: Gulkamart jakbar/ BPBD DKI).

BERITA TERKAIT