test

Kesehatan

Jumat, 16 April 2021 10:02 WIB

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Olahraga di Bulan Ramadhan

Editor: Hadi Ismanto

Meski tengah berpuasa disarankan untuk tetap berolahraga. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Fifi).

PMJ NEWS - Olahraga dapat membawa pengaruh positif pada tubuh, salah satunya menjaga kondisi tetap sehat. Lalu, bagaimana sebaiknya menjalankan olahraga yang baik di saat bulan Ramadan?

Bulan Ramadan merupakan waktu di mana umat muslim diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa. Kurang lebih selama 13 jam, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/4/2021), berikut sejumlah tips yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga saat puasa demi menjaga tubuh tetap bugar/

1. Perhatikan waktu olahraga
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah waktu olahraga saat bulan puasa. Tidak disarankan untuk melakukan olahraga di siang hari ketika puasa berlangsung.

Seperti dilansir oleh thenational dan islamicity, olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat berpuasa karena perut dalam keadaan kosong. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah pada saat setelah berbuka.

Pilihan waktu lainnya adalah beberapa saat menjelang berbuka puasa. Anda bisa berolahraga 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan. Sehingga tubuh dapat segera mendapat asupan energi kembali.

2. Jenis olahraga
Anda juga harus memperhatikan jenis olahraga saat berpuasa. Lakukan jenis olahraga intensitas ringan sampai sedang seperti berjalan, jogging dan bersepeda.

3. Jaga asupan makanan
Saat Ramadan, tubuh diberi waktu dua kali untuk makan yaitu saat sahur dan berbuka puasa (waktu maghrib). Waktu makan di bulan Ramadan agak berubah dibandingkan dengan hari biasanya.

Pastikan menu makanan tetap mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh.

4. Perbanyak minum
Dehidrasi dapat terjadi saat berolahraga apalagi dilakukan pada saat cuaca panas. Sehingga untuk mencegah hal ini terjadi, asupan cairan ke dalam tubuh harus diperhatikan. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk membatasi melakukan aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah dehidrasi. Melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat di siang hari saat puasa dapat menyebabkan dehidrasi.

5. Perhatikan durasi tidur
Agar tetap bisa olahraga saat puasa adalah perhatikan waktu tidur. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh.

BERITA TERKAIT