Kesehatan

Sabtu, 3 April 2021 11:10 WIB

Jangan Sepelekan, Ini Resiko Malas Ganti Baju Usai Berolahraga

Editor: Hadi Ismanto

Bahaya tidak segera menggantu baju usai berkeringat. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Anda disarankan untuk berolahraga minimal 150 menit dalam seminggu jika melakukan olahraga kardio intensitas ringan-sedang.

Setelah berolahraga tentunya seseorang akan berkeringat, sejumlah ahli disarankan agar mereka segera membersihkan diri dan mengganti baju. Hal itu untuk mencegah gangguan kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (3/4/2021), berikut resiko gangguan kesehatan yang timbul akibat kamu malas atau menunda mengganti baju setelah berolahraga.

1. Timbul jerawat di badan
Salah satu resiko tidak mengganti pakaian setelah olahraga adalah timbulnya jerawat di badan. Jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dengan minyak, sel kulit mati atau lainnya.

Nah, berkeringat itu bukan hanya membersihkan pori-pori tapi juga menarik debu dan kotoran sehingga saat basah lebih banyak menumpuk pada tubuh.

2. Timbulkan infeksi bakteri
Tidak mengganti baju setelah berolahraga juga akan memberi kesempatan bakteri untuk menyebar dan berkembang di tubuh. Apalagi kalau kamu olahraga di tempat gym dan menyentuh alat yang tidak terjamin kebersihannya.

3. Infeksi Jamur
Hal ini disebakan karena tubuh kamu tidak terlindungi dan tidak bisa mengendalikan lingkungan sebab tubuh kalian masih mengenakan pakaian yang lembab.

Kalau ini terganggu bisa mengakibatkan lebih bahaya, bisa timbul infeksi ragi atau jamuran. Buat kalian juga dianjurkan untuk mandi atau mengelap tubuh kalian setelah berolahraga.

4. Timbul bintik-bintik di bagian sensitif
Kebanyakan bintik-bintik ini akan timbul di area bokong kamu. Hal ini juga disebabkan oleh bakteri karena kalian gak ganti baju abis olah raga.

BERITA TERKAIT