test

Kesehatan

Kamis, 15 April 2021 10:05 WIB

5 Manfaat Makan Kurma Saat Berbuka Puasa

Editor: Hadi Ismanto

Kurma bermanfaat untuk di konsumsi saat berbuka puasa. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Di bulan ramadhan, banyak orang yang mencari kurma sebagai camilan untuk berbuka puasa. Buah yang sering disebut sebagai buah nabi ini memiliki sejumlah manfaat yang menguntungkan.

Secara umum, kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70 persen dari kurma terdiri dari karbohidrat.

Tak hanya itu, kurma juga kaya akan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin. Namun, kandungan nutrisi buah ini bisa bervariasi berbeda dari tingkat kematangannya.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis ()15/4/2021), berikut manfaat kurma bagi kesehatan tubuh.

1. Memberi energi bagi tubuh
Kandungan gula fruktosa dalam kurma dapat dengan cepat diserap oleh tubuh. Sehingga dapat memberi energi dan merevitalisasi tubuh dengan cepat. Ini alasannya, kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa dan saat tubuh kekurangan energi.

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Makanan yang kaya akan jenis serat tidak larut dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Dengan kata lain, makan makanan berserat setiap hari (sekitar 25-30 gram/ hari) dapat menghindari Anda dari masalah diare dan sembelit.

Di sisi lain, kandungan fenolik tinggi dalam buah ini membantu membersihkan usus sehingga berpotensi menurunkan risiko terkena kanker usus. Anda juga bisa mencoba program sehat 12 hari dengan cara mengonsumsi ekstrak kurma saat sahur dan buka puasa.

3. Menangkal radikal bebas
Buah tinggi antioksidan ini mampu mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan bekerja melindungi sel dan jaringan tubuh dari stres dan peradangan kronis yang memicu berbagai risiko penyakit.

Flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik adalah beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Karotenoid juga dapat mengurangi risiko gangguan pada mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula.

4. Meningkatkan kesehatan otak
Kurma memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif dan peradangan pada otak. Buah ini adalah sumber serat dan makanan yang baik serta kaya akan antioksidan alami yang membantu memperlambat perkembangan penyakit demensia dan Alzheimer.

5. Menjaga kesehatan mata
Kurma mengandung vitamin A dan senyawa zeaxanthin di dalamnya yang menawarkan perlindungan terhadap degenerasi makula terkait usia. Maka, dengan rutin mengonsumsi kurma, Anda dapat senantiasa menjaga kesehatan mata secara alami.

BERITA TERKAIT