News

Kamis, 8 April 2021 12:25 WIB

Kabar Baik, Tes GeNose Gratis Hadir di Terminal Bus

Editor: Ferro Maulana

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: PMJ News/Kemenhub).

PMJ NEWS - Kabar baik bagi penumpang bus. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap menghadirkan layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose hari ini Kamis (8/4/2021). Layanan tes Covid-19 gratis mulai tersedia di terminal penumpang Tipe A.

Terminal tipe ini berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar propinsi (AKAP).

"Penggunaan alat GeNose resmi digunakan di terminal Tipe A," terang Menhub Budi Karya Sumadi dalam Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat Tahun 2021, Kamis (8/4/2021).

Menhub sempat berinteraksi secara virtual dengan pihak Dinas Perhubungan Darat yang sedang memantau penggunaan GeNose di Terminal Leuwi Panjang dan Terminal Terpadu Merak.

Sekadar informasi, tes GeNose bagi calon penumpang diberikan secara random dengan sampel antara 10 sampai 20 orang. Budi pun meminta tes itu diprioritaskan bagi calon penumpang yang kelihatan kurang sehat.

"Untuk random juga dilihat kira-kira siapa yang potensial. Misalnya, mereka yang agak lemas, dan batuk-batuk. Nah, itu diajak untuk periksa karena indikasi mereka yang terkena Covid-19 biasanya batuk dan lemas. Jangan semua orang yang datang dilakukan GeNose," tuturnya menambahkan.

Calon penumpang yang dites menggunakan GeNose pun dipastikan tidak dipungut biaya (alias gratis).

BERITA TERKAIT