test

News

Kamis, 1 April 2021 16:20 WIB

Hari Ini, Empat Bandara Mulai Terapkan Tes GeNose

Editor: Hadi Ismanto

Tes Covid-19 dengan perangkat GeNose tidak berlaku untuk perjananan kereta jarak jauh. (Foto:PMJ News/Kemenhub).

PMJ NEWS - Alat deteksi Covid-19, GeNose secara resmi mulai diterapkan untuk pengguna jasa transportasi udara pada hari ini, Kamis (1/4/2021). Setidaknya ada 4 bandara di Indonesia yang menerapkan alat pemeriksaan ini.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyebut empat bandara tersebut di antaranya bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Juanda Surabaya.

"Saya berpesan (pemeriksaan GeNose) agar dilakukan dengan teliti, karena ini proses yang penting agar setiap orang yang bepergian bisa dideteksi," ungkap Menhub Budi dalam keterangannya, Kamis (1/4/2021).

Menurut Budi, simpul-simpul transportasi seperti bandara, stasiun dan pelabuhan menjadi fokus dalam pemeriksaan kesehatan. Sedangkan di sektor transportasi darat belum wajib dan pengecekan dilakukan secara acak (random testing).

"Di simpul itulah kita bisa melakukan skrining terhadap orang-orang yang bepergian, untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19," tuturnya.

Sebagai informasi, GeNose adalah produk anak bangsa yang sudah teruji. Sebelumnya GeNose sudah dilakukan di 44 stasiun kereta sejak 5 Februari 2021 dan sudah melakukan pengujian terhadap lebih dari 300.000 orang.

BERITA TERKAIT