Kesehatan

Senin, 5 April 2021 10:17 WIB

5 Manfaat Konsumsi Durian Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Manfaan konsumsi durian bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Buah durian dikenal memiliki rasa dan aroma yang khas. Buah khas Asia Tenggara ini mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Durian mempunyai kandungan vitamin B, C, zat besi, potasium, senyawa nabati, lemak sehat dan serat. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Seni (5/4/2021), berikut manfaat mengonsumsi durian bagi kesehatan.

1. Menjaga pencernaan
Buah durian mengandung kadar serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna Anda. Berkat manfaat ini, durian dapat dijadikan sebagai salah satu solusi mengatasi sembelit.

2. Menjaga kesehatan jantung
Durian ternyata dapat menunjang kesehatan jantung, karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Tak lain, manfaat durian ini berkat kandungan serat di dalamnya.

3. Mengurangi resiko kanker
Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian juga berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Berkat tambahan vitamin A, B, dan E yang cukup, durian mampu menurunkan risiko penyakit kanker.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Durian memiiki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Asupan tinggi vitamin C dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Mencegah penuaan dini
Buah durian mengandung banyak antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas. Sel-sel tubuh pun akan terhindar dari kerusakan. Adanya manfaat ini juga bisa membuat Anda lebih awet muda.

BERITA TERKAIT