test

Kesehatan

Sabtu, 27 Maret 2021 11:04 WIB

5 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Rambutan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Buah rambutan cukup familier di Indonesia. Jenis buah yang termasuk musiman ini ternyata memiliki manfaat kesehatan. Tak hanya buahnya, tetapi daunnya, bijinya dan kulitnya juga bisa dimanfaatkan.

Seperti dilansir laman Boldsky, Sabtu (27/3/2021), berikut manfaat kesehatan buah rambutan yang perlu diketahui.

1. Meredakan sembelit
Buah rambutan juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat ini akan bertindak sebagai katalisator dalam pencernaan sehingga lebih baik dan membantu menurunkan kemungkinan gangguan pencernaan serta sembelit.

2. Meningkatkan energi
Kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi dalam buah rambutan memainkan peran penting dalam meningkatkan energi bagi tubuh.

Selain itu, adanya varietas vitamin B dalam buah rambutan dapat membantu dan meningkatkan metabolisme energi, sehingga mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh manusia.

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Kandungan vitamin C dalam buah rambutan memiliki dampak positif pada peningkatan kesehatan jantung. Pasalnya, vitamin C dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah timbulnya penyakit serta menghilangkan radikal berbahaya.

4. Menurunkan berat badan
Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, buah rambutan rendah kalori. Ditambah dengan kadar air yang tinggi, rambutan dapat membantu mengurangi kelaparan konstan.

5. Meningkatkan kekuatan tulang
Mengonsumsi buah rambutan dapat menambahkan kandungan zat besi, kalsium, dan fosfor dalam jumlah yang baik ke tubuh manusia. Elemen tersebut berkontribusi meningkatkan kekuatan tulang dengan memperbaiki dan membuat tulang lebih kuat.

BERITA TERKAIT