test

News

Kamis, 25 Maret 2021 16:40 WIB

Ondel-ondel Dilarang di Jalan, Wagub: Hargai Budaya Betawi

Editor: Hadi Ismanto

Ondel-ondel ciri khas Betawi. (Foto: PMJ News/Fajar).

PMJ NEWS - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mendukung larangan penggunaan ondel-ondel di jalanan untuk mengamen. Menurut dia, semestinya warisan budaya Betawi itu tidak digunakan untuk kepentingan sempit.

"Kita menghargai budaya lestari bangsa kita, Betawi dihormati, ditempatkan yang terbaik lah," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/3/2021).

"Tidak juga dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan sempit. Kemudian kedua jangan sampai nanti menimbulkan gangguan ketertiban dan sebagainya," sambungnya.

Selain alasan pelestarian budaya, Riza mengatakan larangan penggunaan ondel-ondel ini diterapkan demi menjaga ketertiban di jalan raya. Ia menyebut ikon budaya Betawi itu seharusnya mendapatkan tempat lebih baik.

"Larangan ondel-ondel itu kan karena dianggap pertama itu budaya lestari. Harus ditempatkan pada tempatnya, bukan di jalan-jalan seperti itu," tegasnya.

Sebelumnya, Satpol PP DKI Jakarta melarang ondel-ondel digunakan untuk mengamen. Sebab, Pemprov DKI menilai ikon budaya Betawi itu hanya digunakan untuk mengemis uang.

BERITA TERKAIT