test

Kesehatan

Jumat, 19 Maret 2021 10:05 WIB

Waspada, 5 Gejala Ini Tanda Anda Menderita Penyakit Serius

Editor: Hadi Ismanto

Serangan jantung harus diwaspadai. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Gejala atau tanda awal seseorang menderita penyakit serius memang terkadang terabaikan. Padahal, kondisi medis tersebut bisa saja menyebabkan resiko tingkat keparahan, termasuk kematian.

Sebagai contoh, ketika seseorang secara tiba-tiba mengalami nyeri dada di bagian tengah, lalu muntah, berkeringat, pucat dan kolaps, kemungkinan besar ia terkena serangan jantung.

Seperti dilansir dari laman Eat This, Jumat (19/3/2021), berikut beberapa gejala atau tanda penyakit kronis yang perlu diwaspadai.

1. Haus yang terus-menerus
Jika Anda merasa haus sepanjang waktu, dan minum lebih dari 25 gelas per hari itu disebut polidipsia. Anda juga mungkin akan sering keluar masuk toilet untuk buang air kecil.

2. Merasa dingin
Jika Anda merasa dingin padahal cuaca sedang panas, waspadalah. Itu mungkin disebabkan oleh hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif). Sekitar 1 dari 10 wanita memiliki beberapa bukti hipotiroidisme. Ini juga terkait dengan kelelahan, kelesuan, dan sembelit.

Merasa dingin juga bisa menjadi tanda penyakit lain seperti anemia, stres kronis, hingga efek samping diet ekstrim. Pada kasus yang lebih ekstrim, penderita anoreksia nervosa juga sering merasa kedinginan.

3. Penurunan berat badan secara drastis
Jika Anda mendapati berat badan Anda turun tanpa alasan yang jelas, ini harus diwaspadai. Penurunan berat badan yang drastis dan tidak memiliki alasan jelas, seringkali menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

4. Tidak nafsu makan
Kehilangan nafsu makan cukup umum terjadi seiring bertambahnya usia. Namun bagi kalian yang muda, kehilangan nafsu makan bisa dipicu oleh depresi. Tidak nafsu makan secara umum juga bisa disebabkan oleh penyakit kronis lainnya atau bahkan menandakan demensia.

5. Sering lupa atau bingung
Jika Anda sering mengeluh lupa atau bingung jangan anggap sepele bisa jadi itu gejala suatu penyakit seperti demensia. Tapi untuk lebih jelasnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menjalani tes lanjutan, sehingga bisa ditangani dengan tepat.

BERITA TERKAIT