test

Kesehatan

Minggu, 14 Maret 2021 17:33 WIB

5 Makanan dan Minuman Ini Wajib Dihindari Saat Usia 40an

Editor: Hadi Ismanto

Di usia 40 tahun Anda disarankan untuk memperhatikan pola makan sehat. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Memasuki usia 40 tahunatau lebih, Anda disarankan untuk memperhatikan pola makan sehari-hari. Pasalnya, ada beberapa makanan yang tidak cocok lagi dikonsumsi bagi yang sudah berkepala empat.

Seperti dilansir dari laman eatthis, Minggu (14/3/2021), mulailah menyingkirkan makanan tertentu yang bisa mengganggu kesehatan. Berikut sederet makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari di usia 40-an.

1. Makanan manis
Makanan manis seperti Muffin, kue mangkuk dan cake sarat dengan gula tambahan yang mendatangkan efek penuaan. Sebaiknya hindari kue dengan tambahan gula atau makanan manis lainnya jika ingin memperlambat munculnya kerutan

Sebuah laporan di Clinics in Dermatology menemukan bahwa glukosa dan fruktosa dapat merusak kolagen dan elastin yang selama ini mendukung elastisitas kulit.

2. Biskuit bar penurun berat badan
Ada banyak biskuit bar yang ditujukan untuk membantu seseorang menurunkan berat badan. Masalahnya, biskuit bar dalam jumlah banyak sama buruknya dengan permen batangan karena adanya tambahan gula dan minyak nabati.

3. Daging olahan
Sebaiknya Anda mulai menjauhi daging bacon, hotdog, dan deli. Daging olahan sering mengandung nitrat penyebab kanker dan mengandung banyak sodium yang meningkatkan tekanan darah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal European Cytokine Network menemukan bahwa natrium nitrat meningkatkan stres oksidatif, yang dapat merusak kolagen dan elastin di kulit.

4. Kentang goreng
Di usia kepala empat, sebaiknya hindari makan kentang goreng di restoran cepat saji. Selain tak baik bagi kesehatan, gorengan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Sebuah studi di Canadian Journal of Dietetic Practice and Research menemukan bahwa memanaskan minyak hingga titik berasap selama menumis dapat menurunkan jumlah asam lemak tak jenuh ganda.

5. Minuman manis
Soda (reguler dan diet), jus buah kemasan, atau es teh dalam kemasan adalah satu hal yang perlu dihindari setelah berusia 40 tahun. Penelitian telah mengaitkan konsumsi minuman manis secara teratur dengan penyakit jantung.

Selain itu, satu studi yang mengikuti 80 ribu wanita selama 22 tahun menemukan bahwa mereka yang minum sekaleng minuman manis sehari memiliki risiko 75 persen lebih tinggi terkena asam urat daripada wanita yang jarang minum jenis minuman ini.

Selain berisiko terkena diabetes tipe 2, minum minuman manis juga dikaitkan dengan obesitas. Dan, untuk menurunkan berat badan di usia ini sudah semakin sulit.

BERITA TERKAIT