test

News

Jumat, 12 Maret 2021 09:04 WIB

BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan di Akhir Maret 2021

Editor: Hadi Ismanto

Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia akan berakhir. Peralihan dari musim hujan ke musim kemarau diprediksi mulai akhir Maret 2021.

"Sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode peralihan dari musim hujan ke musim kemarau mulai akhir Maret 2021," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangannya, Kamis (11/3/2021) malam.

Mengantisipasi peralihan musim ini, BMKG juga menperingatkan adanya potensi cuaca ekstrem. Mulai dari hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, puting beliung, waterspout, dan hujan es.

"Fenomena hujan es merupakan fenomena yang umum terjadi selama periode peralihan musim. Hal tesebut dipicu oleh pola konvektifitas massa udara dalam skala lokal-regional yang lebih signifikan selama periode peralihan musim," tuturnya.

Ada pun salah satu ciri umum kejadian cuaca saat periode peralihan musim terjadi adalah adanya perubahan kondisi cuaca yang relatif lebih cepat.

"Dimana pada pagi-siang umumnya cerah-berawan dengan kondisi panas cukup terik. Kemudian diikuti dengan pembentukan awan yang signifkan dan hujan intensitas tinggi dalam durasi singkat yang secara umum dapat terjadi pada periode siang-sore hari," jelasnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksi dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah berikut:

1. Aceh
2. Sumatera Utara
3. Sumatera Barat
4. Banten
5. Jawa Barat
6. Jawa Tengah
7. DI Yogyakarta
8. Jawa Timur
9. Bali
10. Nusa Tenggara Barat
11. Nusa Tenggara Timur
12. Kalimantan Timur
13. Kalimantan Utara
14. Kalimantan Selatan
15. Sulawesi Utara
16. Sulawesi Tengah
17. Sulawesi Selatan
18. Sulawesi Tenggara
19. Maluku
20. Maluku Utara
21. Papua Barat
22. Papua.

BERITA TERKAIT