test

News

Kamis, 11 Maret 2021 14:55 WIB

PB IDI Sebut Presiden dan Masyarakat Gunakan Vaksin Covid-19 yang Sama

Editor: Hadi Ismanto

Kemenkes menggelar vaksinasi massal bagi lansia di Manado. (Foto; PMJ News/Kemenkes).

PMJ NEWS - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyebut vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu upaya untuk menjaga daya tahan tubuh. Program vaksinasi ini menargetkan 181,5 juta jiwa menjadi kelompok sasaran penerima vaksin.

"Vaksinasi Covid-19 jadi salah satu upaya untuk menjaga daya tahan tubuh," ujar Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih dalam konferensi virtual, Kamis (11/3/2021).

Daeng juga menyinggung presiden Joko Widodo yang telah menjalani vaksinasi Covid-19. Hal ini membuktikan bahwa vaksin aman digunakan untuk masyarakat.

Terkait vaksin Covid-19 yang digunakan Jokowi berbeda dengan masyarakat, Daeng membantahnya. Menurutnya, vaksin yang dipakai presiden hingga masyarakat masih merek sama.

"Sejauh ini yang vaksin Covid-19 disuntikkan baru Sinovac, jadi tidak benar kalau disebut jenis vaksin berbeda-beda. Yang penting vaksin terbukti aman," tuturnya.

Kendati demikian, Daeng menegaskan vaksin Covid-19 tidak 100 persen mencegah penularan virus. Ia menambahkan, program vaksinasi harus didampingi oleh pengetatan protokol kesehatan yaitu 3M. 

"Upaya 3M tetap dilakukan yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," tukasnya.

BERITA TERKAIT