test

News

Jumat, 5 Maret 2021 09:31 WIB

Jokowi: Perguruan Tinggi Harus Fungsikan Diri Sebagai Menara Air

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat meresmikan Universitas Tirtayasa, Serang, Banten. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar perguruan tinggi tidak hanya menjadi menara gading. Menurut dia, perguruan tinggi harus memfungsikan diri sebagai menara air.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam peresmian Kampus Sultan Ageng Tirtayasa di Sindang Sari, Kota Serang, Banten, Kamis (4/3/2021) kemarin.

"Karena hasil penelitian maupun inovasi yang dihasilkan kampus harus dirasakan masyarakat. Karena di sekitar kita masih ada masyarakat yang ada di garis kemiskinan dan keterbelakangan," ungkap Jokowi.

Presiden menyebut kampus Sultan Ageng Tirtayasa akan mewakili semangat baru dalam memajukan pendidikan tinggi di Provinsi Banten. Diharapkan perguruan tinggi ini dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul.

"Agar mampu menghasilkan penelitian dan inovasi- inovasi yang memiliki nilai tambah bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat khususnya masyarakat di Provinsi Banten," ujarnya.

Kampus Tirtayasa sendiri, lanjut Jokowi, punya nilai-nilai yang diwarisi dua tokoh besar di Banten, yakni Sultan Ageng Tirtayasa dan Syekh Nawawi Al Bantani, yang merupakan perpaduan ulama dan umaroh.

"Perpaduan karakter yang diperlukan di sebuah perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan keilmuan dan pusat kaderisasi kepemimpinan nasional," tukasnya.

BERITA TERKAIT