test

News

Kamis, 4 Maret 2021 10:20 WIB

Puspom TNI Tangkap Wanita yang Pamer Plat TNI Palsu di Aplikasi TikTok

Editor: Fitriawan Ginting

Mobil plat TNI Palsu. (Foto : PMJ/Screenshoot TikTok).

PMJ NEWS - Viral di media sosial seorang wanita melakukan aksinya lewat Aplkasi TikTok dengan pamer mobil mewah berplat nomor TNI No 3423-00 daerah Geger Kalong, Bandung, Jawa Barat.

Tidak tinggal diam, Puspom TNI akhirnya bergerak cepat memeriksa wanita yang ada dalam video tersebut sekaligus memastikan plat nomor yang digunakan. Hasilnya, ternyata plat nomor TNI di mobil mewah itu adalah palsu.

Puspom TNI dan Anggota Lidpam Pomdam III/Siliwangi, serta Lidpam Denpom III/5 Bandung, beserta Satlak Gakkum WaL Denpom III, telah mengamankan kendaraan sipil yang menggunakan plat nomor dinas TNI, pada Rabu (3/3/2021) pukul 23.30 WIB.

Diketahui kendaraan tersebut milik Edbert Reynold alias Beni alias Leonardo alias Kwe Liong Chun (49) yang merupakan seorang wiraswasta.

Pembuat konten tersebut berinisial RHK alias Pooja. Saat diperiksa ia mengaku bahwa kendaraan tersebut adalah mobil pribadinya dan mengakui kalau plat yang digunakan palsu. Ia mendapatkannya dari seorang bernama Aji Nugraha dengan membayar 1,5 juta rupiah pada bulan September tahun lalu (2020).  

Dari pengakuan pelaku juga dikatakan, kalau ia membuat konten tersebut untuk memperlihatkan ke salah satu netizen bahwa dirinya telah menikah sekaligus narsis agar diketahui kalau suaminya adalah seorang pejabat di lingkungan TNI. Kenyataannya plat nomor tersebut adalah palsu dan tidak terdaftar di Denma Mabes TNI.

Pooja telah melanggar pasal 263 KUHP tentang pemalsuan identitas kendaraan (surat) ancaman hukuman enam tahun penjara; dan UU No. 22/2009 tentang lalu lintas. Ia tidak memasang plat nomor asli yang sah dan diancam dengan ancaman hukuman dua bulan penjara.

Kasus ini selanjutnya ditangani Polrestabes Bandung untuk ditindaklanjuti.

BERITA TERKAIT