test

News

Jumat, 26 Februari 2021 16:20 WIB

Kemenhub Fasilitasi Alat GeNose untuk Dermaga dan Penyeberangan

Editor: Hadi Ismanto

Alat GeNose C19 digunakan untuk tes cepat deteksi Covid-19. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memfasilitasi seluruh dermaga dan terminal penyeberangan dengan alat GeNose C19. Hal ini sebagai antisipasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menyebut pihaknya telah memesan 200 unit GeNose C19. Semuanya akan di tempatkan di pelabuhan dan terminal penyebrangan.

"Saya sudah memesan 200 alat Genose. 70 di antaranya akan diadakan Dirut ASDP untuk penyebrangan semua yang ada di Indonesia," ujar Budi Setiyadi saat berada di Dermaga Pelabuhan Telaga Punggur Batam.

Menurut Setyadi, Kemenhub sesuai dengan Surat Edaran Gubernur dan Gugus Tugas, serta Dirjen Perhubungan Darat, bertanggung jawab atas pengelolaan terminal penyebrangan.

"Kalau alatnya sudah datang nanti kita berlakukan, kita sudah pesan GeNose kemarin sekitar dua mingguan," tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tes random GeNose di Tanjung Priok. Hal ini kelanjutan dari pengecekan yang telah dilakukan di delapan stasiun kereta api jarak jauh.

"Untuk di darat dan laut, kita sudah lakukan di darat secara random, dan akhir minggu ini, Jumat kita akan lakukan di Tanjung Priok secara random juga," untuk Menhub Budi Karya, Selasa (23/2/2021) lalu.

BERITA TERKAIT