test

News

Jumat, 26 Februari 2021 15:35 WIB

Mau Bebas Macet? Kini Ada Taksi Terbang di Indonesia

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Taksi terbang kini disediakan untuk penjemputan ke Bandara Soekarno Hatta. (Foto: PMJ Newsw/Whitesky).

PMJ NEWS - Bagi kamu yang ingin menuju Bandara Soekarno Hatta tanpa hambatan macet di jalan, bisa mencoba layanan taksi terbang.

Layanan ini ada di 72 titik di Jabodetabek yang bisa mengantarkan penumpang menuju bandara. 

Cara memesannya, cukup melalui aplikasi Helicity di AppStore atay PlayStore, lalu daftarkan data diri dan pilih rute penerbangan yang ingin dilewati.

Untuk tarifnya beragam. President of Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan, tarifnya mulai dari Rp 8 juta per penerbangan.

"Jadi kita sendiri juga punya APP nanti bisa download helicity APP di situ ada range distance dari cengkareng heliport ke 72 titik di Jakarta dan di Jabodetabek range price-nya antara 8 sekitar 20 an (Rp 8 juta- Rp 20 juta/penerbangan), tapi kalau untuk yang charter flight ya di atas 20 an lah (Rp 20 juta) harganya," ujarnya dalam Instagram Live Bersama Angkasa Pura II, Jumat (26/2/2021).

Untuk satu perjalanan, taksi terbang bisa mengangkut lebih dari 1 penumpang tergantung jenis helicopter yang dipilih.

Jenis Helicity mengangkut antara 3-4 penumpang, sedangkan untuk charter flight bisa mengangkut sekitar 4-8 penumpang sekaligus.

Jadi bisa dihitung, setiap orang yang memilih terbang dengan Helicity minimal harus menyiapkan Rp 2 juta sekali terbang. Sedangkan, untuk yang charter flight minimal sekitar Rp 2,5 juta/orang sekali terbang.

Taksi terbang terutama Helicity ini tak hanya melayani penerbangan ke dan dari bandara saja melainkan juga melayani perjalanan udara lainnya untuk rute dalam kota dan antar kota. Namun, sejauh ini, baru bisa melayani antar 72 titik di Jabodetabek.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pengadaan taksi terbang ini merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang penerbangan udara terutama mereka dengan jadwal yang padat.

"Salah satu di bandara kita, khususnya di bandara Soekarno-Hatta itu sudah memiliki 1 fasilitas heliport. Jadi satu-satunya bandara di Indonesia,” ujarnya.

BERITA TERKAIT