test

News

Kamis, 25 Februari 2021 16:25 WIB

Besok, Kemendagri Lantik 178 Kepala Daerah Terpilih

Editor: Hadi Ismanto

Kantor Kementerian Dalam Negeri. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan melantik 178 kepala daerah terpilih tahap pertama pada 26 Februari 2021. Mereka yang dilantik untuk mengisi kekosongan pejabat daerah yang telah berakhir masa tugasnya.

"Untuk tahap awal, yang di Februari ini masa jabatan kepala daerah berakhir di Februari kita laksanakan besok," ujar Kapuspen Kemendagri Benny Irawan di kantor Kemendagri, Kamis (25/2/2021).

"Sebanyak 178 kabupaten/kota ini berasal dari kepala daerah-daerah yang memang masa akhir jabatannya pada 17 Februari," sambungnya.

Menurut Benny, 178 kepala daerah yang akan dilantik tersebut setelah hasil sengketa sidang gugatannya tidak dilanjutkan. Ia mengatakan, pelantikan ini didasarkan pada UU No 10 Tahun 2016.

"Kemudian kepala daerah-daerah yang berdasarkan hasil keputusan MK itu sidangnya tidak dilanjutkan, gugatannya tidak dilanjutkan. Kita mau melaksanakan ini dengan semangat keserentakan, maka kita laksanakan di tanggal 26 besok," tuturnya.

Benny juga menyampaikan, untuk pelantikan 178 kepala daerah ini Kemendagri menyarankan digelar secara virtual.

"Kita mendorong pelantikan ini bisa dilakukan secara virtual meskipun ada beberapa provinsi yang meminta untuk hybrid. Nah, masing-masing daerah yang akan melaksanakannya di provinsi masing-masing," imbuhnya.

BERITA TERKAIT