test

News

Kamis, 25 Februari 2021 11:40 WIB

Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Sumbar, Kepri dan Bengkulu Terpilih

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi melantik tiga pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk masa jabatan 2021-2024. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk masa jabatan 2021-2024. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (25/2/2021).

Pasangan yang dilantik di antaranya Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy; Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad dan Marlin Agustina; serta Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dan Rosjhonsyah.

Pelantikan yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para undangan yang hadir yang Istana Negara sangat terbatas.

Sebelum prosesi pelantikan, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama tiga pasangan gubernur-wakil gubernur yang akan dilantik berjalan bersama-sama dari Istana Merdeka ke Istana Negara.

Presiden Jokowi saat upacara pelantikan. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).
Presiden Jokowi saat upacara pelantikan. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

Setelah mengumandangkan lagu Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan presiden terkait pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Kepri serta Bengkulu.

Kemudian, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan ketiga pasangan gubernur dan wakil gubernur.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ucap Jokowi yang diikuti oleh pejabat yang dilantik.

BERITA TERKAIT