test

News

Senin, 15 Februari 2021 10:50 WIB

Jokowi Lantik Gubernur-Wagub Kaltara dan Sulut Terpilih

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat melantik Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Gubernur serta Wakil Gubernur terpilih Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sulawesi Utara (Sulut) masa jabatan 2021-2024 di Istana Negara Jakarta, Senin (15/2/2021).

Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara yang dilantik adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP. Sedangkan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang dilantik yakni petahana Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

Pelantikan kedua pasang Gubernur dan Wakil Gubernur ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 P tahun 2021 serta Keppres Nomor 21 P tahun 2021 tentang Pengesahan, Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," bimbing Jokowi kepada pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik.

"Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," sambungnya.

Sehubungan dengan situasi pandemi Corona (Covid-19), acara pelantikan juga tetap mengikuti protokol kesehatan. Baik Jokowi, Maruf Amin, dan para kepala daerah yang dilantik terlihat memakai masker dan menjaga jarak.

Seperti diketahui, Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara tercatat tidak memiliki gugatan Pilgub dalam Pilkada 2020 sehingga mereka dilantik paling awal oleh Jokowi.

BERITA TERKAIT