test

News

Selasa, 23 Februari 2021 12:20 WIB

Wapres: Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal Jadi Simbol Toleransi

Editor: Ferro Maulana

Masjid Istiqlal. (Foto: Twitter)

PMJ NEWS - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menjelaskan Masjid Istiqlal merupakan masjid kebanggaan umat muslim di Indonesia. Ma’ruf menilai masjid ini sudah kokoh berdiri sejak 43 tahun yang lalu dan telah direnovasi untuk pertama kalinya. Dan kini menjadi lebih megah dan berdiri di jantung Ibu Kota.

"Masjid Istiqlal kini lebih mewah dan megah secara fisik di jantung ibu kota Jakarta. Bersamaan dengan momentum Milad ke-43 Masjid Istiqlal yang jatuh pada tanggal 22 Februari 2021," terang Wapres Ma'ruf melalui siaran persnya, Selasa (23/2/2021).

Masih dari penuturan Ma’ruf, saat ini Masjid Istiqlal meluncurkan 41 program baru yang diberikan nama 'The New Istiqlal'. Melalui program ini, Ma'ruf pun berharap, masjid ini dapat menjadi pusat gagasan dan gerakan pembangunan peradaban serta budaya Islam di Tanah Air.

Wakil Presiden KH Maruf Amin. (Foto: Instagram Maruf)
Wakil Presiden KH Maruf Amin. (Foto: Instagram Maruf)

"Saatnya kini untuk mengembangkan ‘perangkat lunaknya’. Bagaimana menjadikan Masjid Istiqlal sebagai pusat gagasan dan gerakan pembangunan peradaban dan budaya Islam di Indonesia (Manba’ al-hadharah wa at-tsaqafah al-Islamiyah al-Indunisiyah)," tutur Ma'ruf.

Wapres melanjutkan, selain kemajuan secara fisik, Masjid Istiqlal juga mempunyai berbagai inovasi. Antara lain, dengan kehadiran "Terowongan Silaturahmi". Sekadar informasi, terowongan ini menghubungkan Masjid Istiqlal sebagai representasi Muslim dan Gereja Katedral sebagai representasi Nasrani.

"Terowongan Silaturahmi ini akan menjadi simbol toleransi dan kebhinekaan bangsa Indonesia, yang akan menjadi contoh baik bagi masjid-masjid lainnya di wilayah Ibukota dan daerah lainnya, bahkan di tingkat regional maupun global," urainya panjang lebar.

Terakhir, Ma'ruf juga berharap, Masjid Istiqlal dapat memegang peranan dan kontribusi dalam contoh teladan bagi masjid lainnya.

"Terutama dalam menebarkan kesejukan dan kedamaian kepada masyarakat, merawat harmoni dan persatuan. Serta terus konsisten dakwah Islam wasathiyah dan rahmatan lil alamiin dalam rangka menuju Indonesia yang lebih maju," tandasnya.

BERITA TERKAIT