test

Kesehatan

Selasa, 23 Februari 2021 08:08 WIB

Terhindar Kebutaan, Yuk Pulihkan Kesehatan Mata dengan Sayur dan Buah Ini

Editor: Ferro Maulana

Mata lelah saat bekerja. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Sejak pandemi Covid-19 hadir di Indonesia, hampir seluruh sistem baik itu dalam ranah pendidikan hingga pekerjaan beralih secara online. Hal ini tentunya membuat kita sebagai masyarakat harus lebih aktif dan sering menatap layar laptop dalam jangka waktu yang cukup lama.

Tanpa disadari, ternyata, menatap layar laptop terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan pada mata lho. Jika dibiarkan, bisa berakibat fatal seperti mengalami kebutaan.

Nah, agar tak mengalami kejadian tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan rutin mengonsumsi aneka buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin bagi kesehatan mata.

Kiranya, jenis buah dan sayur apakah itu? Berikut daftarnya yang perlu dan penting kamu ketahui.

Sayuran brokoli. (Foto: Dok Net)
Sayuran brokoli. (Foto: Dok Net)

Brokoli

Jenis sayuran pertama yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata yaitu Brokoli. Hal ini dikarenakan, brokoli memiliki kandungan nutrisi seperti Lutein dan Zeaxanthin, yang mana dapat melindungi mata dari paparan sinar UV.

Selain itu bagi yang sering menatap layar laptop terlalu lama juga akan terhindar dari resiko katarak jika rutin mengonsumsi Brokoli.

Buah Alpukat. (Foto: Dok Net)
Buah Alpukat. (Foto: Dok Net)

Alpukat

Selanjutnya, ada buah Alpukat yang ternyata memiliki kandungan nutrisi baik seperti Lutein dan Vitamin A, yang mana dapat mencegah degenerasi mata katarak hingga macular.

Selain untuk kesehatan mata, rutin mengonsumsi alpukat juga baik lho bagi tubuh.

Ubi jalar. (Foto: Dok Net)
Ubi jalar. (Foto: Dok Net)

Ubi Jalar

Terakhir ada Ubi Jalar yang bisa dipilih sebagai jenis umbi-umbian untuk dikonsumsi secara rutin.

Ternyata, di dalam ubi jalar terdapat kandungan vitamin A dan C yang mana dapat menyehatkan dan memulihkan penglihatan mata yang mulai pudar atau kurang jelas.

BERITA TERKAIT