test

News

Senin, 9 Agustus 2021 16:35 WIB

Jokowi Ajak Masyarakat Konsumsi Buah Selama Pandemi Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan secara virtual. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap buah-buahan masih jauh dari rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Padahal, beragam jenis buah tersedia di seluruh Nusantara.

Hal tersebut disampaikan Kepala Negara saat menghadiri Pembukaan Gelar Buah Nusantara ke-6, yang ditayangkan secara virtual, Senin (9/8/2021).

"Meskipun kita memiliki banyak buah-buahan khas Indonesia, namun tingkat konsumsi buah kita masih rendah 88,5 gram per orang per hari. Masih jauh di bawah rekomendasi WHO sebesar 150 gram per orang per hari," ungkap Jokowi.

Untuk itu, Jokowi mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur, apalagi di masa pandemi Covid-19. Menurut dia, buah dan sayur dapat meningkatkan stamina dan imunitas tubuh yang dapat melawan paparan virus.

"Di masa pandemi seperti sekarang ini kita harus terus menjaga stamina dan meningkatkan imunitas tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit," tuturnya.

Presiden juga mengimbau masyarakat untuk lebih mencintai aneka buah-buahan nusantara. Dia menilai kandungan gizi yang ada dalam buah-buahan khas Indonesia tak kalah berlimpah dibandingkan buah impor.

Selain dapat menambah asupan gizi, lanjut Jokowi, masyarakat juga ikut membantu petani-petani buah dengan mengonsumsi buah Nusantara. Dengan begitu, para petani buah makin bersemangat, produktif, dan sejahtera di masa pandemi.

"Para pelaku usaha buah juga akan semakin berkembang sehingga ekosistem usaha buah nasional bergerak semakin maju," tukasnya.

BERITA TERKAIT