Kesehatan

Selasa, 12 Oktober 2021 10:20 WIB

Studi: Makan Buah dan Sayur Tingkatkan Kesehatan Mental Anak

Editor: Hadi Ismanto

Studi ungkap makan buah dan sayur dapat meningkatkan kesehatan mental anak. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Sebuah studi terbaru mengemukakan asupan buah dan sayuran yang tinggi terkait dengan kesehatan mental yang lebih baik pada anak usia sekolah.

Studi yang dipublikasikan di BMJ Nutrition ini melakukan survei di lebih dari 50 sekolah di Inggris. Hampir 11 ribu siswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Peneliti menganalisis kesehatan mental para siswa dan membandingkannya dengan pola makan.

Seperti dilansir dari laman Healthline, Selasa (12/10/2021), hasil studi mempublikasikan bahwa kesehatan mental rata-rata anak sekolah menengah adalah 46,6 dari 70. Sedangkan untuk anak sekolah dasar (SD) adalah 46 dari 60.

Hanya 25 persen anak sekolah menengah dan 28,5 persen anak SD yang melaporkan makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Sebanyak 10 persen anak sekolah menengah dan 9 persen anak SD tidak makan buah dan sayuran.

Studi menunjukkan bahwa anak yang makan satu atau dua porsi buah dan sayur setiap hari memiliki skor kesehatan mental 1,42 lebih tinggi dibanding yang tidak makan buah.

Sedangkan anak yang makan 3-4 porsi buah dan sayur memiliki peningkatan skor 2,34. Sementara anak yang makan 5 porsi buah dan sayur memiliki skor paling tinggi atau 3,73 poin lebih tinggi.

"Nutrisi yang cukup diperlukan untuk menunjang perkembangan dan fungsi tubuh baik pada anak-anak maupun orang dewasa, termasuk pertumbuhan dan replikasi sel, sintesis DNA, neurotransmitter dan metabolisme hormon, dan khususnya penting bagi anak-anak, nutrisi optimal sangat penting untuk perkembangan otak," tulis peneliti.

Selain konsumsi buah dan sayur, studi juga menyebutkan sarapan dan makan siang yang bergizi juga dikaitkan dengan kesejahteraan emosional.

BERITA TERKAIT