test

Kesehatan

Jumat, 1 Januari 2021 10:10 WIB

5 Minuman Sehat Ini Bisa Turunkan Kolesterol Usai Santap Menu Tahun Baru

Editor: Etty Kadriwaty

Jus aneka buah yang menyehatkan tubuh. (Foto:PMJ News/doknet)

PMJ NEWS - Di malam perayaan pergantian tahun identik dengan sajian makanan penuh lemak jenuh dan tinggi kolesterol, antara lain barbekyu sosis, makanan jenis seafood, daging dan lainnya.

Dan kini pesta telah usai. Saatnya mengembalikan tubuh menjadi sehat. Bakar lemak dan kolesterol dengan mengonsumsi lima minuman sehat berikut ini:

Jus Apel

Jus apel. (Foto:PMJ News/doknet)
Jus apel. (Foto:PMJ News/doknet)

Jus dari dari sari pati buah apel ini diyakini mampu mengatasi tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini karena kandungan fitokimia yang mampu mencegah oksidasi kolesterol jahat alias LDL. Penelitian pada pria dan wanita sehat selama 6 minggu membuktikan khasiat konsumsi jus apel tak ubahnya dengan konsumsi apel utuh.

Para peneliti menyimpulkan konsumsi jus apel dalam jumlah cukup bisa meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. Usahakan pilih jus apel murni tanpa bahan pengawet atau pemanis tambahan.

Hindari membeli jus apel kemasan yang banyak dijual di supermarket karena besar kemungkinan berisi bahan-bahan tidak alami. Sebaiknya membuat sendiri jus apel di rumah.

Jus wortel

Jus wortel. (Foto:PMJ News/doknet)
Jus wortel. (Foto:PMJ News/doknet)

Minuman sehat berikutnya adalah jus wortel. Sama seperti jus apel, jus wortel mengandung serat larut. Serat larut bersifat mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh. Bonus lainnya, jus wortel tinggi kandungan vitamin C. Peran vitamin C adalah memetabolisme kolesterol sehingga tubuh bisa mudah menyingkirkannya. Jus wortel juga mengandung antioksidan kuat bernama betakaroten yang bersifat mengurangi oksidasi LDL.

Air lemon

Air lemon. (Foto:PMJ News/doknet)
Air lemon. (Foto:PMJ News/doknet)
Banyak orang mengenal lemon sebagai buah untuk penurun berat badan. Perlu diketahui, Air lemon juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini karena air lemon tinggi kandungan antioksidan dan pektin, serat larut yang menyehatkan jantung. Selain itu penelitian juga menunjukkan manfaat konsumsi kulit lemon. Ada kandungan d-limonene yang terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida.

Jus delima

Jus buah delima. (Foto:PMJ News/doknet)
Jus buah delima. (Foto:PMJ News/doknet)

Delima adalah buah kaya manfaat sehat karena tinggi kandungan antioksidan. Jumlah antioksidan dalam jus delima disebut tiga kali lebih banyak dari teh hijau ataupun red wine. Asupan antioksidan yang tinggi berkaitan dengan kesehatan jantung dan kolesterol yang lebih baik. Pilihlah jus delima alami untuk dikonsumsi. Hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya.

Teh hijau

Teh hijau. (Foto:PMJ News/doknet)
Teh hijau. (Foto:PMJ News/doknet)

Satu lagi minuman sehat penurun kolesterol yang bisa kamu coba, teh hijau. Alasannya tak lain karena antioksidan yang tinggi di dalam teh hijau. Pilih teh hijau daun untuk mendapat manfaat maksimal ketimbang teh hijau celup karena sudah melalui terlalu banyak pemrosesan. 

BERITA TERKAIT