test

News

Rabu, 17 Februari 2021 20:37 WIB

Peringatan Dini, BMKG: Enam Provinsi di Jawa Siaga Banjir 18-19 Februari

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Peringatan dini terkait bahaya banjir kembali dikeluarkan oleh Badan Metorologi, Krimatologi, dan Geofisika (BMKG). Setidaknya ada enam provinsi di Pulau Jawa dinyatakan berstatus siaga banjir.

Seperti dilansir dari laman resmi BMKG, peringatan siaga banjir itu berlaku untuk Kamis (18/2/2021) sampai dengan Jumat (19/2/2021). Enam provinsi tersebut antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

“Berlakunya (peringatan siaga banjir) ini mulai dari 18 Februari 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 19 Februari 2021 pukul 07.00 WIB," tulis BMKG melalui keterangan resminya.

Berdasarkan data BMKG di situs resminya, terdapat beberapa daerah yang memiliki potensi hujan lebat dengan kategori 6. Mulai dari DKI Jakarta dengan lima wilayah yang terdiri dari Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

Dari wilayah tersebut, ada 60 kecamatan berpotensi akan dampak hujan lebat. Sedangkan untuk wilayah Banten yang memiliki potensi dampak hujan lebat adalah Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang.

Sementara untuk Jawa Barat antara lain Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi adalah wilayah yang berpotensi hujan lebat. Beralih ke Jawa Tengah, wilayah yang berpotensi hujan lebat dan banjir mencapai 14 kota mulai dari Demak hingga Tegal.

Kemudian untuk DI Yogyakarta mencakup lima kota yang berpotensi banjir. Terakhir, di provinsi Jawa Timur ada 4 kota yang berpotensi hujan lebat serta banjir.

BERITA TERKAIT