test

News

Senin, 27 Juli 2020 10:34 WIB

Hati-hati! Tiga Wilayah Ini Diprediksi Akan Turun Hujan Sangat Lebat

Editor: Ferro Maulana

Wilayah Jakarta diguyur hujan lebat, sejumlah tempat tergenang air (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini hujan lebat hingga sangat lebat di sejumlah wilayah di Tanah Air. Masyarakat setempat pun diminta hati-hati dalam beraktivitas.

Peringatan itu berlaku mulai hari ini Senin (27/07/2020) pagi pukul 07.00 WIB sampai dengan besok Selasa (28/07/2020) pukul 07.00. Diprediksi itensitas hujan dapat mencapai 100 mm/24 jam.

Kawasan yang berpotensi hujan sangat lebat meliputi wilayah Bagian Barat Aceh, Bagian Barat Sumatera Utara, dan Bagian Barat Sumatera Barat.

"Masyarakat diminta waspada terhadap potensi. Dampaknya, dapat berupa banjir, longsor dan banjir bandang. Hindari berada di sungai atau lembah sungai serta hindari lereng rawan longsor," demikian imbauan Balai Besar BMKG Wilayah I, Senin (27/07/2020).

Kemudian, laman BMKG kembali menjelaskan daerah sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan angin yang memanjang dari perairan Utara Papua Barat hingga Samudera Pasifik Timur Filipina.

Kondisi ini menyebabkan potensi peningkatan pembentukan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah pertemuan angin tersebut. Daerah perlambatan kecepatan angin/konvergensi terpantau memanjang dari Papua Nugini hingga Teluk Cendrawasih, yang menyebabkan potensi peningkatan pertumbuhan awan konvektif di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daerah potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. (FER).

BERITA TERKAIT