test

Kesehatan

Jumat, 12 Februari 2021 10:02 WIB

5 Jenis Makanan Ini Bisa Redakan Sakit Lambung

Editor: Hadi Ismanto

Lima makananan makanan atau minuman yang dapat membantu meredakan sakit lambung.(Foto: PMJ News/Ilustrasi).

PMJ NEWS - Setiap orang pernah mengalami sakit lambung. Gejalanya memang bervariasi seperti nyeri ringan hingga rasa berdenyut yang parah di area perut bagian atas. Beberapa gejala lainnya termasuk kembung, gangguan pencernaan hingga mual atau muntah.

Mengonsumsi dan menghindari makanan atau minuman tertentu dapat membantu meredakan sakit lambung. Berikut ini lima asupan yang bermanfaat seperti dilansir laman Times of India, Jumat (12/2/2021).

1. Yoghurt
Yoghurt adalah sumber bakteri baik dan membantu pencernaan. Yoghurt juga bisa dicampur dengan air untuk minuman ringan dan menyegarkan.

Tambahkan jintan dan garam untuk hasil terbaik. Sebagai alternatif, bisa dibuat menjadi smoothie yang dikombinasikan dengan apel.

2. Teh herbal
Teh herbal dibuat dengan ekstrak dari tumbuhan yang memiliki banyak khasiat obat. Dikarenakan mengandung antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi, teh herbal membantu melancarkan pencernaan serta mengurangi rasa sakit akibat sakit lambung.

Beberapa teh herbal populer termasuk teh jahe, peppermint, kamomil, dan lemon.

3. Cuka sari apel
Cuka sari apel memberikan lingkungan mikro asam di usus dan mengaktifkan sintesis enzim pencernaan. Ini juga mengurangi rasa sakit, kembungm dan gejala masalah lambung lainnya.

Disarankan mencampur 2 sendok teh cuka sari apel dalam segelas air dan mengonsumsinya untuk meredakan sakit lambung.

4. Makanan berserat tinggi
Makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, beri, dan sayuran hijau yang bermanfaat untuk keseluruhan sistem pencernaan dan membantu mengatasi sakit lambung.

Brokoli sangat penting untuk kesehatan lambung. Selain menjadi sumber serat yang baik, sayuran ini juga mengandung sulforaphane tingkat tinggi, senyawa yang membunuh bakteri H. pylori yang menyebabkan masalah perut.

5. Jus sayur
Meskipun jus buah tidak disarankan untuk penderita sakit lambung, karena kadar gula dan asam yang tinggi dan tanpa serat, beberapa jus dan smoothie sayuran ternyata bisa membantu menyembuhkannya.

Jus kentang misalnya, memiliki sifat anti-oksidatif dan bisa meredakan sakit perut. Jus labu dapat menurunkan keasaman lambung, membantu lapisan perut lebih cepat sembuh.

BERITA TERKAIT