test

News

Rabu, 10 Februari 2021 09:04 WIB

Jelang Libur Imlek, Korlantas Cek Kesiapan Prokes di Terminal Pulo Gebang

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono. (Foto: PMJ News/Dok Korlantas).

PMJ NEWS - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Istiono memantau kesiapan penerapan protokol kesehatan (prokes) di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, saat masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Dalam peninjauan ini, Kakorlantas yang didampingi Kabag Ops Korlantas Polri, Dirlantas Polda Metro Jaya, dan Dirut PT Jasa Raharja. Pemantauan ini dilakukan menjelang arus libur Imlek pada akhir pekan.

"Hari ini kita cek, bagaimana langkah-langkah yang dilakukan Pulo Gebang untuk menerapkan penumpang umum harus dilakukan rapid test. Bisa juga dilakukan secara random," jelas Istiono dalam keterangan pers, Selasa (9/2/2021).

Menurut Istiono, pihaknya bersama instansi terkait lainnya melakukan pengecekan kesiapan terminal jelang arus libur Imlek berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 yang mengatur soal PPKM Mikro.

Kakorlantas Polri mengharapkan penerapan PPKM Mikro berjalan dengan baik, khususnya untuk para penumpang yang hendak berlibur Imlek.

"Ini kesiapan kita, terminal Pulo Gebang sudah siap untuk melakukan langkah-langkah prokes yang harus dilakukan oleh penumpang. Agar angka Covid-19 bisa ditekan secara maksimal," katanya.

Istiono mengungkapkan penerapan prokes di terminal Pulo Gebang berjalan baik. Terlebih dengan adanya pemeriksaan Covid-19 yang menggunakan metode GeNose C19.

"Kita lihat sama-sama GeNose rapid secara random diberikan kepada penumpang. Nah, aturannya khusus untuk Bali wajib, baik darat maupun udara. Kemudian untuk di Jawa sifatnya random. Kemudian untuk umum dan pribadi juga random," katanya.

Korlantas sendiri akan menggelar tes antigen secara acak di rest area yang ada di pulau Jawa, khususnya di jalan tol, untuk mengantisipasi libur panjang. Pengecekan secara acak tes antigen itu dilaksanakan untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Antisipasi libur panjang ini, kita sudah lakukan antisipasi yaitu kita lakukan random tes, di rest area. Di beberapa rest area di jalan tol akan kita lakukan," tukasnya.

BERITA TERKAIT