test

Politik

Minggu, 20 Oktober 2019 10:47 WIB

Ini Curhatan Darmin Selama Mendampingi Jokowi

Editor: Redaksi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (foto: IG @perekonomianri)

PMJ – Setelah menggelar jumpa pisah kabinet periode I Presiden Jokowi bersama mitra kerja menteri-menteri bidang perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan pengalamannya selama 5 tahun menjabat sebagai menteri yang mengurusi persoalan ekonomi terutama di bidang pertanian.

"Yang paling ruwet persoalan satu beras. Kedua adalah gula. Ketiga tadinya dua tahun pertama itu paling pusing daging," terang Darmin di kantornya, belum lama ini.

Darmin juga sempat pusing dengan munculnya masalah harga bawang putih dan telur yang melonjak. "Harga daging sapi impor dihitung seperti apapun akan keluar angka Rp110 ribu per kg. Macam-macam harganya badan sapi ada 70 macam harganya, yang dicatat BPS daging aja," ungkapnya.

Persoalan lain adalah data pertanian yang bisa saling berbeda sehingga menjadi tantangan untuk mengambil keputusan. "Permasalahan yang harus ditanya apa kita soal data jarang sepakat, apalagi kalau nggak disepakati ya pasti kesimpulan lain," ujarnya.

Penetapan luas lahan pertanian juga membuat DArmin pusing lantaran menyangkut masalah subsidi pupuk yang anggarannya triliunan rupiah. Darmin juga mengaku harus siap pasang badan, apalagi terkait dengan impor kebutuhan pokok bila di dalam negeri kekurangan.

"Saya harus akui walau saya pasang badan saja kan begitu kurang saya impor habis saya dicaci maki," pungkasnya. (BHR)

BERITA TERKAIT