test

News

Selasa, 19 Januari 2021 14:25 WIB

Jokowi Janjikan Bantuan Untuk Perbaiki Rumah Warga Korban Gempa di Sulbar

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Utara yang porak poranda karena gempa. (Foto: PMJ News/Instagram @jokowi).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung salah satu titik terdampak gempa di Provinsi Sulawesi Barat, pada hari ini, Selasa (19/1/2021). Ia menilai proses evakuasi warga ke pos pengungsian sudah dilakukan dengan baik.

"Pengungsi terkelola dengan baik, yang ingin saya pastikan saya datang ke sini," ujar Jokowi saat menggelar konferensi pers di lokasi terdampak gempa.

"Dan tadi saya sudah sampaikan ke gubernur untuk gedung pemerintah yang roboh setelah diaudit nanti segera lapor ke pemerintah pusat akan bangun kembali," sambungnya.

Jokowi juga memastikan untuk rumah penduduk yang roboh akibat gempa, pemerintah menjamin akan membantu renovasinya. Bantuan akan disalurkan lewat uang dengan jumlah berbeda tergantung tingkat kerusakan.

"Untuk yang rusak berat Rp50 juta, untuk yang rusak sedang Rp25 juta, dan untuk yang rusak ringan berarti yang retak-retak Rp10 juta," tuturnya.

Dengan bantuan yang diberikan pemerintah, Jokowi berharap kondisi masyarakat di lokasi terdampak bisa segera pulih. Baik rumah yang roboh maupun pemulihan ekonomi, pemulihan pelayanan di pemerintahan, birokrasi, bisa segera kembali normal.

"Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Terakhir, saya ingin sampaikan rasa duka cita yang mendalam atas korban 80 orang yang meninggal, yang telah ditemukan. Semoga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran," tukasnya.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dan Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar.

BERITA TERKAIT