test

News

Jumat, 15 Januari 2021 16:35 WIB

Basarnas Kerahkan Tim Bantu Evakuasi Korban Gempa Mamuju Sulbar

Editor: Hadi Ismanto

Tim SAR tengah melakukan evakuasi korban gempa di Majene, Sulawesi barat. (Foto: PMJ News/Istimewa).

PMJ NEWS - Badan SAR Nasional (Basarnas) menerjunkan tim untuk membantu evakuasi bencana gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Berdasarkan data, saat ini sudah ada 34 korban yang berhasil ditemukan.

"Basarnas telah menurunkan Tim SAR di Mamuju dan saat ini telah ada di lokasi dan Sudah langsung beraksi melaksanakan evakuasi korban di dalam bangunan-bangunan runtuh," ungkap Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito di Dermaga JICT, Jumat (15/1/2021).

Bagus menjelaskan, Basarnas juga telah mengerahkan Tim SAR dari KN SAR Komajaya Makassar dan tim rescue-nya. Pun demikian dari Balikpapan, dikerahkan KN SAR Wisanggeni beserta tim rescuenya.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito. (Foto: PMJ News/Adi).
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito. (Foto: PMJ News/Adi).
Bahkan, lanjut dia, dari Jakarta pun pihak TNI AU sedang mengerahkan pesawat Hercules untuk membantu proses evakuasi dan penanganan gempa bumi di Mamuju, Sulbar

"Dari Jakarta tadi ada Hercules TNI AU yang berangkat ke Mamuju, kita ikut sertakan satu tim urban SAR dari pusat bersama dengan perlengkapan tambahan untuk melakukan estrifikasi, terurama pada bangunan-bangunan runtuh," tuturnya.

Selain itu, kata Bagus, sejumlah kendaraan untuk membantu mobilitas proses evakuasi korban terdampak pun dikerahkan di dalam pesawat Hercules tersebut. Ia juga meminta masyarakat mendoakan proses evakuasi dan penanganan bencana bisa berjalan lancar.

BERITA TERKAIT