test

News

Jumat, 18 Desember 2020 10:18 WIB

12.500 Ribu Personel TNI-Polri Disiagakan, Amankan Aksi 1812

Editor: Hadi Ismanto

Personil dikerahkan untuk lakukan pengamanan libur Natal dan Tahun Baru. (Foto: PMJ News/Fjr).

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya menyiagakan 12.500 personel gabungan untuk mengamankan Aksi 1812 yang berdemonstrasi di depan Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (18/12/2020) siang ini. Unjuk rasa ini digelar Front Pembela Islam (FPI) dan sejumlah ormas lainnya.

"Hari Ini kita Polda Metro Jaya dan TNI menurunkan tim gabungan 5.000 personel yang kita siapkan di lokasi aksi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Jumat (18/12/2020).

Selain menerjunkan pengamanan di sekitar kawasan Istana Negara, kata Yusri, personel juga disebar di beberapa titik rawan massa. Personel cadangan yang disiapkan ada di kawasan Monas, gedung DPR dan Polda Metro Jaya.

"Lalu ada 7.500 personel stand by cadangan yang bersiaga di Monas, DPR, Polda, serta yang TNI cadangan di batalyon masing-masing," tuturnya.

Sebelumnya, Yusri menegaskan kepolisian tidak mengeluarkan izin kegiatan Aksi 1812. Polisi akan melakukan operasi kemanusiaan untuk mencegah penyebaran virus Corona akibat kerumunan tersebut.

Yusri juga menambahkan, personel juga akan disiagakan untuk penjagaan di daerah-daerah perbatasan menuju Jakarta akan dilakukan oleh petugas keamanan.

"Kita tidak mengeluarkan izin, pemberitahuan dari Anak NKRI iya ada, tapi kita tidak memberikan izin. Kita akan tetap tegakkan aturan operasi kemanusiaan yang telah disampaikan pak Kapolda kemarin di daerah-daerah mulai dilakukan penjagaan, jadi bukan di lokasinya aja," tukasnya.

BERITA TERKAIT