test

News

Minggu, 13 Desember 2020 14:32 WIB

Jokowi: Penegakan Hukum untuk Lindungi masyarakat, Bangsa dan Negara

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News.YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal penanganan hukum dalam beberapa waktu belakangan. Menurut dia, hukum memang harus dipatuhi dan ditegakkan.

"Ini perlu saya tegaskan bahwa negara kita Indonesia adalah negara hukum," jelas Jokowi dalam keterangan yang dikutip dari kanal YouTube Sekretaris Presiden, Minggu (13/12/2020).

"Oleh karena itu, hukum harus dipatuhi dan ditegakkan. Untuk apa? Untuk melindungi kepentingan masyarakat, melindungi kepentingan bangsa dan negara," sambungnya

Jokowi mengatakan, sudah seharusnya aparat penegak hukum menjalani tugasnya secara tegas. Ia pun meminta kepada masyarakat agar tidak semena-mena dan menaati aturan hukum yang berlaku

"Dan ingat aparat hukum itu dilindungi oleh hukum dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu tidak boleh ada warga dari masyarakat yang semena-mena melanggar hukum yang merugikan masyarakat. Apalagi membahayakan bangsa dan negara," tuturnya.

Kepala Negara juga meminta kepada aparat berwenang untuk tidak mundur sedikitpun dalam menegakkan hukum. Kendati begitu, Jokowi berpesan penegakkan hukum tetap harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Aparat hukum tidak boleh mundur sedikit pun. Tapi aparat penegak hukum juga wajib mengikuti aturan hukum dalam menjalankan tugasnya, melindungi hak asasi manusia dan menggunakan kewenangannya secara wajar dan terukur," tukasnya.

BERITA TERKAIT