test

News

Kamis, 3 Desember 2020 22:00 WIB

Lagi, Kemenlu Pulangkan 29 WNI Anggota Jamaah Tablig dari India

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Kemlu).

PMJ NEWS - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) kembali memulangkan 29 anggota jamaah tablig dari India. Secara akumulatif, hingga kini tercatat 704 anggota jamaah yang telah dipulangkan.

"Pada tanggal 30 November yang lalu, kembali berhasil dipulangkan 29 jemaah tablig dari India," ujar Menlu Retno Marsudi dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (3/12/2020).

Retno memastikan para jamaah yang dipulangkan tersebut telah menjalani tes PCR. Dari hasil tes ini, ratusan orang itu dinyatakan negatif dan tidak terpapar Covid-19.

"Alhamdulillah, hingga saat ini tercatat 704 jemaah tablig telah kita pulangkan dari India. Tinggal tersisa 47 jemaah tablig yang akan terus kita upayakan kepulangannya segera ke Tanah Air," tuturnya.

Selain jamaah tablig, Kemlu juga telah memulangkan 43 pekerja migran Indonesia (PMI) yang diduga terkait kasus perdagangan orang (TPPO) dari Timur Tengah. Mereka dipulangkan dari Uni Emirat Arab maupun Suriah.

"Dua perwakilan RI di Timur Tengah telah berhasil memulangkan WNI terduga korban TPPO," kata Retno.

Adapun rincian WNI yang dipulangkan dari KBRI Damascus memulangkan sebanyak 40 PMI pada 27 November 2020. Serta 3 WNI dipulangkan oleh KBRI Abu Dhabi pada 30 November 2020.

BERITA TERKAIT