test

Politik

Senin, 4 November 2019 13:12 WIB

Bertemu PM India, Jokowi Bahas Sawit Indonesia

Editor: Redaksi

Presiden Jokowi bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi. (foto: IG @kemensetneg.ri)

PMJ – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi usai mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN - India, di Bangkok, Thailand.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut, PM Modi mengapresiasi langkah Jokowi membentuk outlook ASEAN yang pada akhirnya diadopsi oleh semua negara ASEAN.

"PM Modi mengatakan bahwa konsep yang ada di Presiden Jokowi exactly mirroring, jadi hampir sama dengan konsep yang dimiliki oleh PM Modi," kata Retno seperti dikutip laman Sekretariat Kabinet, Senin (4/11/2019).

Kedua pemimpin negara itu membahas kerja sama di bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan permasalahan sawit Indonesia. "Presiden membahas mengenai masalah sawit. Intinya adalah PM Modi siap memberikan treatment yang fair terhadap sawit Indonesia," ungkap Retno.

Modi juga menyampaikan apresiasi atas respons positif Indonesia sebagai bagian dari founding members Global Coalition for Disaster Resilient Infrastructure (CDRI) yang diluncurkan pada tanggal 25 September tahun ini di PBB. "Jadi Indonesia adalah satu dari 12 founding members untuk insiatif CDRI ini," terang Menlu. (BHR)

BERITA TERKAIT