test

Kesehatan

Senin, 1 Juni 2020 10:02 WIB

4 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa New Normal

Editor: Hadi Ismanto

Tips meningkatkan imunitas tubuh (Foto: PMJ News/ Ilustrasi/ FIF)

PMJ - Tananan kehidupan baru (new normal) akan segera diterapkan di Indonesia. Kebijakan ini untuk mendorong roda perekonomian agar tetap berjalan, tanpa mengesampingkan protokol kesehatan demi memutus penyebaran Covid-19.

Jadi kita tidak perlu khawatir menjakanlan kehidupan normal baru. Selama kita patuhi dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, tentu akan terhindar dari penularan virus.

Sesuai anjuran pemerintah, agar terhindar dari ancaman virus kita diminta untuk sering mencuci tangan, menghindari kerumunan, menggunakan masker saat keluar rumah dan tidak ada salanya membawa hand sanitizer.

Penting juga menjaga daya tahan tubuh agar kita terhindar dari penularan viru. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (1/6/2020), berikut beberapa tips menjaga dan bahkan meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi

Kualitas dan kuantitas asupan gizi sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Oleh karena itu, setiap makanan yang kita konsumsi sebaiknya mengandung nutrisi lengkap dengan gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, dan serat.

Ada baiknya memilih karbohidrat kompleks yang lebih lambat dicerna tubuh seperti nasi merah, roti gandum, kentang, dan ubi jalar. Perbanyak juga konsumsi sayur dan buah yang kaya serat.

2. Konsumsi suplemen

Untuk mencegah infeksi virus, kita juga dapat mempertimbangkan konsumsi suplemen yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam suplemen dapat meningkatkan kinerja sistem imun dalam melawan infeksi virus atau bakteri.

Suplemen yang baik mengandung vitamin C (sodium ascorbate), vitamin B3 (nicotinamide), vitamin B5 (dexpanthenol), vitamin B6 (pyridoxine hcl), vitamin E (alpha tocopheryl), zinc picolinate, dan sodium selenite.

3. Rutin berolahraga

Olahraga juga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan peradangan. Perlu diingat, olahraga yang dilakukan secara teratur memiliki efek yang lebih baik terhadap sistem imun dibandingkan olahraga yang hanya sesekali.

4. Tidur cukup

Walaupun terdengar sederhana, kurang tidur terbukti bisa menimbulkan dampak yang buruk pada kesehatan. Salah satunya adalah penurunan daya tahan tubuh, sehingga beragam penyakit dapat lebih mudah menyerang.

Tidur yang cukup dapat membuat tubuh Anda lebih kuat melawan paparan virus Corona. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7–8 jam setiap harinya, sedangkan anak-anak memerlukan waktu tidur 10 jam atau lebih.(Hdi)

BERITA TERKAIT